Amankah Konsumsi Steak Sapi dalam Keadaan Rare atau Medium Rare?

Kematangan Rare dan Medium Rare: Apakah Aman?

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), mengkonsumsi daging yang mentah atau kurang matang tidak disarankan. Daging dapat mengandung bakteri berbahaya, dan memasak secara menyeluruh merupakan langkah penting untuk membunuh bakteri dan virus yang mungkin ada di dalam makanan​​. Meski steak medium rare tidak selalu aman karena belum mencapai suhu internal minimum untuk konsumsi daging sapi yang aman, steak medium rare dianggap cukup aman karena mencapai suhu yang cukup untuk menetralisir bakteri​​​​.

USDA telah memperbarui panduannya untuk memasak daging sapi dengan aman, merekomendasikan suhu internal instan 62.7°C untuk steak medium rare. Namun, mereka juga menekankan bahwa semua daging sapi, babi, dan domba harus dimasak hingga suhu internal minimal 62.7°C.

Kenapa Steak Rare Lebih Aman daripada Burger Rare?

Satu hal penting untuk dipahami adalah bahwa steak rare lebih aman dibandingkan dengan burger rare. Hal ini disebabkan oleh perbedaan area permukaan dan proses memasaknya. Cross-contamination, yang terjadi ketika daging bersentuhan fisik dengan bakteri, hanya terjadi di permukaan daging. Steak, pada dasarnya, hanya memiliki satu permukaan - yaitu seluruh permukaan luar steak. Sementara itu, burger memiliki banyak permukaan yang mungkin telah bersentuhan dengan patogen​​.

Proses Pemasakan Steak: Kunci Keamanannya

Untuk steak, hanya permukaan daging yang perlu terpapar suhu 71.1 derajat Celcius untuk membunuh bakteri. Hal ini dapat dicapai dengan cara membakar steak di grill yang dipanaskan antara 148 hingga 260 derajat Celcius. Dengan cara ini, steak dapat dimasak rare namun tetap bebas dari bakteri. Meski begitu, USDA tetap merekomendasikan semua steak dimasak hingga suhu internal minimal 62.7°C, yang menghasilkan steak medium​​.

Berdasarkan penelitian dan rekomendasi dari berbagai sumber, konsumsi steak sapi dalam keadaan rare atau medium rare memiliki tingkat risiko yang berbeda. Meski steak medium rare dianggap cukup aman, penting untuk memastikan bahwa proses pemasakannya tepat, terutama dalam hal suhu internal dan pemaparan permukaan daging pada suhu yang cukup tinggi untuk membunuh bakteri. Penggemar daging yang lebih suka steak rare dapat merasa lega bahwa risiko penyakit bawaan makanan relatif rendah, namun tetap harus mempertimbangkan rekomendasi dari USDA terkait suhu pemasakan yang aman.